Jenis-jenis plastik

jenis-jenis plastik

jenis-jenis plastik

jenis-jenis plastik

Sebagaimana kita tahu, plastik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dibilang kalo plastik merupakan bagian yang sulit dilepaskan dari kehidupan kita sebagai manusia.
Upaya mengurangi sampah plastik merupakan tanggung jawab semua pihak dan harus selalu dimulai dari diri kita sendiri.
Kali ini admin akan menjelaskan beberapa jenis-jenis plastik yang biasa kita pakai sehari-hari guys mulai dari pembungkus makanan, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis plastik :

1.PETE atau PET (Polyethylene Terephthalate)
Jenis plastik ini banyak ditemukan di botol minuman kemasan sekali pakai. Jenis plastik ini tergolong aman akan tetapi jenis plastik ini dapat menyerap bau dan rasa makanan yang ada di dalamnya. Jenis plastik ini dapat didaur ulang menjadi karpet, furniture maupun sejenis kain.

2.HDPE (High Density Polyethylene)
Jenis plastik ini juga dikategorikan aman digunakan sehari-hari. Jenis plastik ini banyak ditemukan di botol susu kemasan, botol shampo dan sejenisnya karena jenis plastik ini tidak menyerap bau. Pulpen, tongkat plastik, meja piknik dan botol kemasan merupakan beberapa hasil daur ulang plastik jenis ini.

3. V atau PVC (Polyvinyl Chloride)
Banyak ditemukan di pembungkus makanan, pipa air, lantai, jendela dan peralatan medis, jenis plastik ini dinilai berbahaya bagi kesehatan. Jenis plastik ini mengandung bahan kimia berbahaya yang sering dikaitkan sebagai penyebab gangguan tulang dan ginjal, juga gangguan pertumbuhan pada anak.
Jenis plastik ini juga merupakan jenis plastik yang jarang didaur ulang.

4. LDPE (Low-Density Polyethylene)
Dinilai sebagai jenis plastik yang aman, LDPE kini banyak diterima oleh usaha daur ulang. Jenis plastik ini banyak ditemukan di pembungkus makanan, tas belanja, botol minuman dll.Jenis plastik ini banyak didaur ulang menjadi tempat sampah,furniture, dan bubble wrap.

5. PP (Polypropylene)
Jenis plastik yang dinilai aman juga. Polypropylene merupakan jenis plastik yang kuat dan awet dan sering ditemukan di kotak makan siang,botol obat-obatan, dan botol sirup. Banyak usaha daur ulang menerima jenis plastik ini dan merubahnya menjadi palet, dan kabel.

6. PS (Polystyrene)
Polystyrene merupakan nama lain dari styrofoam. Banyak ditemukan sebagai pembungkus makanan, icebox, maupun gelas sekali pakai, jenis plastik ini merupakan salah satu jenis plastik yang sulit didaur ulang.

7. Jenis lain
Jenis plastik lain dapat dikenali dengan kode angka 7. Seringkali ditemukan pada frame kacamata, casing komputer dan compact disc, plastik ini merupakan salah satu jenis plastik yang berbahaya karena mengandung bahan kimia BPA. Bahan kimia ini dapat menyebabkan gangguan hormonal yang berbahaya bagi kesehatan.

Walaupun plastik tidak dapat dihilangkan 100 persen dari kehidupan kita, alangkah baiknya jika kita mulai mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam kehidupan kita demi masa depan yang lebih bersih.